Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga agar tidak Boncos

cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga agar tidak Boncos

cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga. Setelah berumah tangga, pasti ada banyak biaya yang perlu Anda penuhi, mulai dari biaya makan, listrik, air, atau tabungan untuk masa depan.

Jika Anda tidak cermat dalam mengatur keuangan, bisa-bisa sebelum gajian bulanan, budget bulanan sudah habis. Ditambah lagi dengan biaya kehidupan yang semakin naik.

Menjadi ibu rumah tangga tidak menutup kemungkinan untuk bisa mengatur keuangan keluarga dengan baik. Berikut salah satu cara untuk menghemat uang untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu lakukan!

Baca Juga : Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga Dalam Islam

1. Buat anggaran

Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga yang utama adalah anda harus membuat anggaran. Dengan membuat list anggaran, akan membantu kamu memperjelas transaksi yang pernah dilakukan.

Anggaran juga akan membantu untuk merangkum pengeluaran yang diukur dari jumlah pendapatan. Hal ini bisa membantu untuk mengendalikan pengeluaran yang berlebihan.

Pastikan juga untuk selalu mencatat semua pengeluaran secara teratur. Seperti belanja harian atau biaya cicilan  juga harus dicatat sebagai pengeluaran jangka panjang.

2. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan

Meskipun cukup mudah diucapkan ketimbang melakukannya, namun cara seperti ini adalah cara simple  yang bisa dilakukan. Jika anda bisa membedakan antara apa yang anda butuhkan dan apa yang anda inginkan.

Dengan begitu anda dapat menghemat lebih banyak uang. Misalnya seperti, menahan untuk membeli Smart TV baru hanya karena tetangga baru saja membelinya. Keinginan seperti itu harus bisa dikendalikan agar uang yang anda keluarkan tidak sia-sia.

3. Buat daftar belanja

cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga yang lainya bisa dengan membuat daftar belanja.

Belilah barang yang hanya terdapat di daftar yang sudah kamu buat. Jika barang tertentu tidak ada dalam daftar belanja kemungkinan besar kamu tidak membutuhkan barang tersebut. Jika membeli barang lain di luar daftar belanja yang kamu buat, maka hapus beberapa daftar belanja agar pengeluaran tetap sama.

4 Catat Semua Pengeluaran dengan Rinci

Sebaiknya kamu dan pasangan perlu mencatat aliran keuangan secara rinci pada sebuah buku. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, saldo, dan segala bentuk anggaran keuangan. Catatlah dengan sedetail mungkin dengan begitu, keuangan akan terpantau lebih baik.

Bisa lebih mudah lagi, apabila cara pencatatannya bisa disusun dalam bentuk tabel seperti  pembukuan akutansi.

Jika bingung, andabisa mencari contohnya di google. Langkah ini berlaku untuk semua besaran penghasilan anda.

5. Pisahkan Dana Tabungan dan Investasi

Anda dan pasangan juga harus bisa mengalokasikan pendapatan untuk keperluan di luar kebutuhan setiap hari. Contohnya, pengeluaran untuk tabungan, dan investasi. Kedua hal ini termasuk dalam cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Keduanyajuga memiliki manfaat yang tidak sedikit. Khusunya investasi.

Salah satu investasi yang sangat di rekomendasikan adalah Arisan Delia Hijab dimana system nya seperti iuran pada umumnya, namun yang sangat menarik disini adalah keuntungan hadiah jutaan rupiah yang bisa didapatkan oleh para peserta arisan.

Selain itu, benefit yang bisa anda dapatkan diantaranya :

  • Aman dan Amanah
  • Transaksi terjaga dan tanpa unsur penipuan
  • Transaksi Mudah
  • Praktis, dengan sistem cepat dan juga akurat
  • Banyak Pilihan
  • Esklusif, lengkap untuk ayah, ibu dan anak
  • Produk Kekinian
  • Design modern mengikuti trend saat ini
  • Banyak Hadiah
  • Belanja lebih untung dengan banyak hadiaha
  • Bergaransi 100%
  • Lebih nyaman dengan perlindungan garansi

Untuk Selengkapnya bisa anda pelajari DISINI

Baca Juga : Cara Management Waktu yang Baik untuk Bisnis Online

Manfaat Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Banyak manfaat yang bisa dirasakan saat anda dan pasangan paham soal cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga agar tidak boros. Diantaranya adalah.

Hubungan Lebih Harmonis

Bicara soal uang, pastinya harus terbuka dan transparan. Dengan membuat anggaran rumah tangga, komunikasi antar pasangan pun akan semakin lancer dan baik.

Namun, hal ini tergantung kepada gaya komunikasi masing-masing pasangan. Ada yang sudah menikah punya prinsip uang masing-masing itu rahasia. Tapi ada juga  justruyang lebih transparan setelah menikah hingga pendapatan yang dimiliki pun sama-sama tahu.

Memiliki Rencana Keuangan Masa Depan

Mengatur keuangan mernjadi hal yang sangat  penting agar memiliki kehidupan yang layak dan masa depan yang tenang. Apalagi kalo sudah membangun rumah tangga. Kebutuhan hidup akan terus bertambah.

Anda dan pasangan bisa memulai dari memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan untuk anak.

Mulailah untuk disiplin membuat daftar anggaran, sehingga terdapat alokasi tabungan, investasi, ataupun dana cadangan. Tidak ada yang tahu hari esok akan seperti apa. Ketika sudah berkeluarga, pasti menginginkan orang-orang tersayang tercukupi kebutuhan materinya.

Hidup Lebih Tertib dan Teratur

Manfaat terakhir dari cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga yaitu sebagai alat pengendali pengeluaran agar hidup lebih tertib dan teratur.

Khusunya hal-hal yang bukan prioritas. Saat salah satu dari pasangan ada yang mulai boros dan banyak pengeluaran, maka pasangan bisa saling mengingatkan.

Pada kenyataannya memang tidak mudah, karena biasanya sangat sulit menahan keinginan.

Misalnya saja istri yang hobi belanja pakaian, walaupun koleksinya sudah memenuhi satu lemari. Padahal jika direnungkan kembali, tidak harus belanja setiap saat, melainkan keinginan yang masih bisa ditunda atau dibeli kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?