Tips agar Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng

Tips agar Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng

Tips agar Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng merupakan impian setiap pasangan. Tidak ada satu orang pun yang menginginkan rumah tangganya penuh dengan masalah dan berakhir dengan perceraian.

Untuk membangun rumah tangga yang harmonis, tidak cukup hanya bermodalkan cinta. Anda  dan pasangan harus bisa memahami atau menerapkan konsep rumah tangga yang berlandaskan pada keterbukaan.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang membangun rumah tangga yang harmonis, alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga agar tidak Boncos

Penyebab rumah tangga tidak harmonis

1. Lebih Mementingkan Pekerjaan

Karena kepentingan pekerjaan yang terlalu tinggi, menyebabkan seseorang kurang begitu memperhatikan kondisi keluarga dirumah.

Pekerjaan memang hal yang cukup penting, bahkan jika sampai tidak bekerja maka bisa menyebabkan masalah ekonomi di kemudian harinya. namun apabila jika anda sampai lebih mementingkan pekerjaan dan mengabaikan keluarga tentu saja bisa menyebabkan ketidak harmonisan di dalam rumah tangga.

2. Perbedaan Prinsip

Setiap orang pasti memiliki prinsip masing-masing, baik antara suami dan istri. Tentunya satu sama lainnya memiliki prinsip berbeda yang terkadang bisa menyebabkan hubungan di dalam keluarga menjadi kurang harmonis.

Prinsip adalah pokok pemikiran dan perbuatan yang menyebabkan setiap orang memiliki prinsip yang berbeda satu sama lainnya. Karena perbedaan prinsip inilah terkadnag menimbulkan resiko perdebatan yang dapat menyebabkan ketidakharmonisan di dalam sebuah rumah tangga.

3. Faktor Ekonomi

Setelah berumah tangga, tentunya kebutuhan hidup dapat menjadi berkali-kali lipatnya. Pemenuhan kebutuhan yang begitu banyak tentunya pasti membutuhkan kondisi ekonomi yang lancar.

Namun sering terjadi masalah ekonomi yang bisa menjadi penyebab ketidakharmonisan di dalam rumah tangga.

Kondisi ekonomi yang kekurangan tentunya dapat memicu pertengkaran jika tidak adanya rasa lapang dada dan bersyukur dalam diri suami dan istri serta anak-anaknya.

Peran sang Ayah dalam keluarga sangat penting agar Tips agar Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng dan menyeimbangkan keharmonisan dalam rumah tangga.

Baca Juga : Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga Dalam Islam

Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Mengetahui apa saja yang bisa menumbuhkan keharmonisan dalam rumah tangga menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui.

Berikut adalah hal yang diperlukan untuk membangun keharmonisan dalam rumah tangga.

1. Dimulai dari diri sendiri

Salah satu kunci hubungan yang stabil dimulai dengan hidup harmonis dengan diri sendiri. Ketika anda mencintai dan menghargai dirimu sendiri.

Ketika anda mencintai diri sendiri, anda membangun ikatan dengan orang lain yang juga memiliki prinsip yang sama dengan diri anda.

2. Belajar menerima kekurangan pasangan

Setelah menikah, satu per satu kebiasaan buruk pasangan anda akan terlihat. Bisa saja pasanganmu mendengkur pada saat tidur, meninggalkan handuk kotor di atas tempat tidur, mengambil baju dengan berantakan, dan yang lainnya.

Tahan emosimu saat anda mengetahui hal ini untuk pertama kalinya.

Cobalah untuk menerima kebiasaannya ini sebagai satu kesatuan dirinya. Daripada harus mengkritiknya secara keras, lebih baik perlahan memberitahu dan mencontohkannya agar dapat mengubah kebiasaan buruk ini.

3. Memilik momen bersama setiap hari

Mungkin anda mempunyai jadwal yang padat terkait pekerjaan. Namun, hal ini bukan berarti anda tidak  mempunyai waktu untuk menikmati momen spesial bersama. Hal ini adalah Tips agar Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng.

Luangkan waktu secara teratur untuk bisa dinikmati berdua. Anda bisa menonton film kesukaan atau film terbaru,, memijatnya setelah pulang bekerja, dan lainnya.

Selain bentuk perhatian, momen seperti ini bisa membua semakin mengenal satu sama lain. Tentunya akan memberi dampak baik pada keharmonisan dalam rumah tangga.

4. Memberikan hadiah kepada pasangan

Tips agar Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng

Dengan memberikan hadiah kepada pasangan anda merupakan salah satu hal yang bisa menambah keharmonisan dalam rumah tangga.

Walaupun ulang tahunya masih lama, namun dengen memberikan kejuta hadiah special akan membuat pasangan anda semakin sayang kepada anda.

Anda bisa memberikan hadiah fashion terbaru yang bisa anda dapatkan di Delia Hijab dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.

Untuk melihat koleksi fashion terbaru bisa di lihat DISINI.

5. Menyelesaikan perselisihan sebelum tidur

Tidak ada rumah tangga yang gak dibumbui dengan perselisihan.

Anda dan pasangan adalah pribadi yang mempunyai keinginan, pendapat dan penilaian sendiri. Saat hidup bersama, wajar saja bila terjadi perbedaan pendapat dengan pasangan.Tips agar Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng

Tidak akan membiarkan perselisihan berlarut-larut. Berdasarkan penelitian, tidur dalam keadaan marah bisa memperburuk emosi. Sebab, saat kita tidur, otak akan mengatur ulang cara ingatan negatif tersimpan.

Untuk itu, sebaiknya selesaikan segala perselisihan dengan pasangan sebelum tidur. Agar pada saat bangun, anda dan pasangan sudah melepaskan segala emosi negatif yang terjadi di hari sebelumnya.

Itulah rahasia agar rumah tangga harmonis dan langgeng. Semoga tulisan ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?