Keutamaan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam

Keutamaan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam

Keutamaan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam Memiliki buah hati adalah anugerah terindah dalam hidup seseorang. Apalagi jika telah menanti kehadiran buah hatinya sejak lama.

Hadirnya buah hati bukan hanya memberi warna baru dalam sebuah keluarga, namun juga bisa menjadi perekat untuk kedua orang tuanya termasuk untuk kedua keluarga besar di dalamnya.

Memiliki anak laki-laki atau perempuan, keduanya sama-sama memberikan kebahagiaan yang sangat luar biasa. Keduanya harus disyukuri dengan tulus.

Keduanya juga memberikan keutamaan masing-masing yang tak ternilai harganya.

Baca Juga : Tips Agar Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng

Keutamaan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam

Keutamaan Memiliki Anak Perempuan

Bicara tentang kehadiran seorang anak, dalam Islam, di dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa orangtua yang dikarunia anak perempuan dalam hidup mereka patut berbahagia.

Orangtua ini juga harus bersyukur karena hadirnya seorang anak perempuan bisa menjadi pelindung di akherat dari api neraka.

“Siapa yang diuji dengan kehadiran anak perempuan, maka anak itu akan menjadi pelindung baginya di neraka”. (HR Ahmad).

Anak Perempuan Mencerminkan Kelembutan Hati

Keutamaan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam mencerminkan kelembutan hati. Umumnya, anak perempuan berhati lembut, penuh dengan kasih sayang dan cinta.

Inilah yang membuat orangtua bisa menjadi pribadi yang lebih lemah lembut, sabar dan penuh cinta.

Dengan hadirnya seorang anak perempuan, orangtua tentunya harus belajar banyak untuk menjadi pribadi yang sabar serta penyayang.

Mengingat begitu utamanya mempunyai anak perempuan, pastikan untuk selalu menyayangi setiap anak, baik itu perempuan maupun laki-laki dengan cara besaran kasih sayang yang sama.

Jangan pernah membeda-bedakan antara anak laki-laki atau perempuan karena keduanya sama-sama titipan Allah yang harus disyukuri dan dijaga dengan baik serta tulus.

Baca Juga : Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga agar Tidak Boncocs

Pelindung dari api neraka

Jika seseorang pasangan diberi anugerah oleh Allah SWT dengan titipan seorang anak perempuan, dan mampu melewati ujian Allah dalam hal menuntun dan mendidiknya pada jalan Allah, maka akan menjadi wasilah pelindung kedua orang tuanya dari api neraka.

Didiklah Anak perempuan dengan kasih saying dan kelembutan  hingga mampu menjadi anak yang sholelah.

Memiliki hati yang lembut, selalu menutup aurat, dan berbakti, adalah salah satu bentuk keberhasilan orang tua dalam mendidik anak perempuan tersebut.

Lebih dekat secara hati nurani

Pada umumnya Keutamaan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam lebih dekat dengan orang tua terutama ibu karena memiliki karakter perempuan yang hampir sama.

Orang tua wajib menjaga dan melindungi anak perempuan maupun laki laki dari jalan atau pergaulan yang salah dan kurang baik.

Harus dididik dengan ilmu agama sejak kecil, sehingga ketika dewasa nanti akan lebih paham tentang ilmu agama.

Kemudian, dia memiliki kedekatan yang lebih dengan orang tuanya karena dididik nuraninya sejak kecil untuk menjadi anak yang berbakti.

Jalan Masuk Surga

Allah SWT menjamin surga bagi orang tua yang mempunyai anak perempuan dan memperlakukannya dengan baik.

Tidak membedakan kasih sayangnya dengan anak laki-laki.

Ciri-ciri orang tua calon penghuni surga adalah yang menerima anugerah Allah swt berupa anak perempuan dengan bahagia dan mendidiknya semata mata karena Allah swt.

Kabar gembira dari sang pencipta

Dalam Al Quran sudah dijelaskan bahwa Keutamaan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam sesungguhnya adalah sebuah kabar gembira dari Allah SWT.

Bagi orang yang menolaknya, hal tersebut dipandang buruk dan celakaoleh Allah.

Sebab Allah sangat memuliakan perempuan dengan berbagai syariat-Nya, seperti wajib menutup aurat agar tidak digoda oleh lelaki.

Baca Juga : Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga Dalam Islam

Mudah dalam Membantu Orang Tua

Anak perempuan identiknya lebih senang bermain di rumah daripada bepergian keluar.

Hal tersebut dapat menjadi nilai positif jika kedua orang tua dapat mendidiknya.

Orang tua bisa mengarahkan untuk mulai melatih kebiasaan tentang kewajiban perempuan sejak dini, seperti membersihkan rumah, memasak dan yang lainya.

Dengan begitu, orang tua akan merasa sangat terbantu ketika anak perempuannya tersebut sudah bisa membantu orang tuanya.

Selain termasuk didikan agar anak menjadi berbakti, kebiasaan baik tersebut nantinya akan sangat bermanfaat untuknya ketika dia sudah dewasa.

Itulah beberapa Keutamaan Memiliki Anak Perempuan dalam Islam yang orang tua harus pahami agar lebih mensyukuri segala titipan yang telah diberikan dan semoga bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?