Cara Menghilangkan Rasa kesepian setelah Menjadi Ibu Rumah Tangga

Cara Menghilangkan Rasa kesepian setelah Menjadi Ibu Rumah Tangga

Cara Menghilangkan Rasa kesepian dengan keluar sejenak dari rutinitas yang ada. Benar adanya bahwa seorang ibu rumah tangga juga bisa merasa kesepian.

Bagi yang belum menikah mungkin akan hal tersebut cukup aneh. Sudah punya anak dan juga suami,tapi kenapa masih merasa kesepian? Apa yang salah? Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa penyebab dan juga faktor nyata yang membuat seorang ibu rumah tangga merasa bosan dan kesepian.

Penyebab rasa kesepian dalam rumah tangga

1. Sulit Mencari Teman yang Mengerti dan sprekuensi

Sebelum menikah, kita masih punya waktu dan juga kesempatan untuk kumpul atau hangout bersama dengan beberapa sahabat. Namun setelah menikah dan punya anak, porsi waktu kita lebih banyak dihabiskan untuk anak dan juga keluarga.

Baca Juga : Arti Kiasan Bendera Merah Putih yang Wajib Diketahui

Teman-teman kalian yang belum menikah mungkin belum mengerti dengan perubahan prioritas yang kita punya. Sehingga cukup sulit untuk mencari teman yang bisa mengerti kita. Mencari teman curhat pun semakin sulit.

2. Sulit untuk Mendapatkan Quality Time dan Me Time

Agar bisa bertemu dengan teman, kita perlu mengajak anak karena ga bakalan tega untuk meninggalkannya sendirian. Saat kita sedang asyik mengobrol, anak tiba-tiba menangis dan juga minta pulang.

Rasanya Cara Menghilangkan Rasa kesepian semakin sulit untuk mengendalikan keadaan. Bahkan untuk sekadar pergi saja ke salon pun harus mencari waktu yang tepat dan itu menjadi makin sulit dilakukan. Mencari waktu untuk diri sendiri juga semakin susah karena waktu kita lebih banyak di curahkan untuk orang lain di sekitar kita.

3. Makin Jarang Menghabiskan Waktu Berdua dengan Suami

Cara Menghilangkan Rasa kesepian dengan suami yang selalu sibuk bekerja. Kita yang makin sibuk juga dengan mengurus semua kebutuhan rumah tangga.

Apabila ga ada komunikasi yang baik dengan suami dan juga makin jarang menghabiskan quality time berdua dengan suami, rasa kesepian pun bisa muncul dalam diri kita. Padahal waktu berkualitas dengan suami perlu diluangkan untuk menjaga keseimbangan dan juga ketenteraman.

Suami yang selalu sibuk dengan bekerja. Kita juga yang makin sibuk mengurus semua kebutuhan rumah tangga.

Baca Juga : Amalan 10 Muharram yang Menghasilkan Pahala

Rasa kesepian yang melanda bukan berarti tidak bisa diatasi. Ada sejumlah cara yang bisa dicoba Cara Menghilangkan Rasa kesepian yang ada, seperti membicarakannya langsung dengan sang suami, mencari sahabat atau teman dekat yang bisa diajak berbagi rasa, dan sengaja menjadwalkan waktu khusus untuk menikmati waktu sendiri.

Cara mengatasi rasa kesepian

Cara Menghilangkan Rasa kesepian

Lihat Selengkapnya

Walaupun pernikahan dilakukan oleh dua orang yang saling mencintai, bukan berarti tak akan pernah bisa merasa kesepian. Hal ini terjadi karena terdapat perbedaan besar antara sendirian dan kesepian.

Merasa sendirian berarti secara fisik kamu ga berada di sekitar orang lain, sedangkan kesepian lebih berkaitan dengan rasa emosional.

Berikut adalah Cara Menghilangkan Rasa kesepian setelah menikah.

1. Cari tahu apa yang telah berubah dalam pernikahan

Perasaan kesepian biasa terjadi karena ada perubahan di dalam pernikahan yang tidak disukai oleh salah satu atau ke kedua orang. Jika kamu dapat mengetahui apa yang menyebabkan perubahan tersebut, kamu akan tahu apa yang harus difokuskan sebagai pasangan untuk bisa mengatasi perpecahan.

Lihat apakah kalian berdua bisa mengetahui kapan pergeseran mulai terjadi dan harus bisa  bekerja sama untuk mengurangi perasaan kesepian. Jika ini sulit, cari bantuan profesional untuk mendapatkan pengarahan.

2. Miliki persahabatan dan duniamu sendiri

Apabila kamu tidak memiliki teman lain selain pasanganmu sendiri atau aktivitas lain selain di dalam rumah, inilah saatnya untuk memperluas jaringan pertemanan kamu.

Cari tau apa yang selama ini membuatmu merasa bersemangat dan juga bahagia? Bagaimana cara kamu bisa mulai membangun hubungan lain dalam hidup, termasuk teman dan juga keluarga?

Mungkin sudah waktunya untuk mendalami hobi baru dan juga membangun koneksi dengan bergabung dalam sebuah komunitas. Namun, pastikan juga tetap memprioritaskan tanggung jawabmu di dalam rumah tangga setelah  memiliki kesibukan lain di luar pernikahan.

3. Bicarakan perasaanmu dengan pasangan

Cara Menghilangkan Rasa kesepian

Ada baiknya dalam Cara Menghilangkan Rasa kesepian untuk berbicara dengan pasanganmu tentang apa yang di rasakan dan lihat apakah ia juga mengalami hal yang sama.

Baca Juga : Resep Bubur Suro Menu Wajib yang Disajikan Saat Tahun Baru Islam

Jika kedua pasangan sama-sama merasa kesepian, kemungkinan ada sesuatu hal yang dapat kalian kerjakan bersama agar kembali dan membangun koneksi yang lebih dalam.

Jika rasa kesepian ini berat sebelah, mungkin akan cukup sulit untuk diatasi. Jika pasanganmu sudah hadir secara fisik maupun emosional, tetapi kamu masih merasa kesepian, mungkin ada hal lain dalam dirimu yang harus kamu perbaiki.

4. Bicarakan masa indah ketika bersama pasangan

Lihat kembali semua momen indah yang pernah kalian lewati dan rasakan  bersama, misalnya seperti menonton video pernikahan atau bisa lihat foto bulan madu kalian. Bicarakan tentang hari-hari romantis yang sudah dilalui bersama dan hal-hal konyol yang pernah kalian lakukan.

Membicarakan hal ini akan kembali memunculkan memori indah di pikiran pasanganmu dan bisa membuat kalian berdua tertawa bersama. Ini akan memperbaiki ikatan emosional yang mungkin sebelumnya renggang.

Lebih baik lagi jika hal itu bisa membuat kalian merencanakan quality time bersama untuk semakin mendekatkan satu sama lain, misalnya seperti liburan bersama atau bisa makan malam romantis di luar.

Itulah beberapa Cara Menghilangkan Rasa kesepian yang bisa kalian coba agar tidak merasa kesepian lagi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?