Lebih Untung dari Menabung, Ini Hukum Arisan dalam Islam

Keyword : Lebih Untung dari Menabung, Ini Hukum Arisan dalam Islam - Hukumnya Arisan Menurun Halal - Arisan Online Amanah - Cara Membuat Arisan Barang Online - Arisan Keluarga Besar - Arisan Baju Sarimbit

Keyword : Lebih Untung dari Menabung, Ini Hukum Arisan dalam Islam – Hukumnya Arisan Menurun Halal – Arisan Online Amanah – Cara Membuat Arisan Barang Online – Arisan Keluarga Besar – Arisan Baju Sarimbit

Budaya arisan sangat diminati masyarakat Indonesia karena bisa meringakan beberapa keadaan. Misalnya bisa mendapatkan barang yang kita ingin tanpa menabung lama, tanpa harus berhutang dan menghindarkan diri dari bunga. Meski mendapat giliran terakhir pun, bisa dihitung sebagai menabung.

Seiring menjamurnya budaya arisan ini, ada beberapa pendapat yang membuat kita, umat muslim ragu dan membutuhkan penjelasan tentang hukum arisan. Ada yang bilang kegiatan ini tidak jelas akadnya, atau menyamakan dengan riba, dan lain-lain.

Lalu bagaimana hukum dan tatacara arisan yang benar menurut Islam? Yuk simak penjelasannya di DeliaHijab.com.

Hukum Arisan dalam Islam

Dilansir dari Republika.com. Dalam buku Fikih Muamalah Kontemporer karya Ustadz Oni Sahroni dijelaskan, secara formal pengertian arisan adalah sebuah kegiatan yang mengumpulkan uang atau barang yang bernilai sama oleh beberapa orang kemudian diundi. Lalu di antara anggota arisan menentukan siapa yang berhak memperoleh arisan melalui berbagai skema undi.

Lebih Untung dari Menabung, Ini Hukum Arisan dalam Islam - Hukumnya Arisan Menurun Halal - Arisan Online Amanah

Arisan Online Amanah
Arisan Paket Baju Sarimbit Keluarga Modern Banyak Hadiah
GABUNG SEKARANG

Secara sederhana, arisan adalah bagian dari pinjam-meminjam. Sebagai contoh, ada sepuluh orang yang mengikuti suatu arisan. Ketika aanggota A menang undian maka dia telah meminjam sembilan uang arisan dari anggota lainnya. Kemudian, anggota A akan menggantinya secara berangsur sesuai dengan jatuh tempo waktu undi arisan.

Simpan pinjam antara pihak yang mendapatkan bagian dan sisa anggota lain sebagai kreditur itu diperbolehkan untuk menjaga. Ustadz Oni memperjelas lagi, arisan memiliki beberapa sifat yang perlu diperhatikan. Pertama, arisan sebagai ta’awun (tolong-menolong) dan adab meminjam.

Kedua, jika arisannya bukan berupa uang, misalnya arisan pakaian, harus ada kejelasan tentang harga pakaian tersebut. Jika terjadi perubahan harga dan selisih, hal ini harus dibicarakan sejak awal arisan digelar.

Ustadz Oni menekankan bahwa arisan adalah pinjaman bergilir yang disebut transaksi sosial (tabarru). Hal ini tidak dilarang dan justru dianjurkan dalam Islam.

Cara Membuat Arisan dalam Islam

  • Pihak yang menyelenggarakan arisan jelas.
  • Ada pihak yang menjaminan terselenggaranya arisan tersebut.
  • Setiap peserta sepakat untuk mengeluarkan sejumlah uang secara berkala dan dalam waktu tempo tertentu.
  • Setiap peserta arisan sepakat mendapatkan sejumlah uang atau barang yang setara dengan jumlah yang akan atau sudah dikeluarkan.
  • Penentuan pemenang disepakati di awal arisan.
  • Ketika dalam arisan tidak boleh riya ataupun ghibah. Tidak mengandung unsur maysir, judi dan spekulasi. Tidak menerapkan riba dalam pembayarannya.

Cara Membuat Arisan Barang Online - Arisan Keluarga Besar

Arisan Online Amanah
Arisan Paket Baju Sarimbit Keluarga Modern Banyak Hadiah
GABUNG SEKARANG

Arisan Lebih Menguntungkan Dibandingkan Menabung?

Secara sederhana, arisan mirip dengan tabungan. Namun kalau dicermati lagi, sistemnya cukup berbeda.

  • Tabungan selain bank Syariah masih memberikan bunga simpanan, ini bisa menarik kita ke dalam sistem riba yang diharamkan Islam.
  • Tabungan bank memiliki paying hukum yang menjamin dana tabungan kita tidak akan hilang. Sedangkan arisan tidak.
  • Bagi Sebagian orang, dengan arisan mereka menjadi dipaksa menyisihkan uang dalam artian positif. Berbeda dengan komitmen menabung di bank.
  • Dengan arisan, kita bisa mendapatkan sejumlah uang, ataupun barang tanpa menunggu tabungan penuh, tanpa berhutang dan terhindar dari riba.

Keyword : Lebih Untung dari Menabung, Ini Hukum Arisan dalam Islam – Hukumnya Arisan Menurun Halal – Arisan Online Amanah – Cara Membuat Arisan Barang Online – Arisan Keluarga Besar – Arisan Baju Sarimbit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?