Cara Ngajar Ngaji Yang Tepat Agar Disenangi Oleh Anak

Keyword : Ngajar Ngaji - Cara Mengajar Mengaji - Cara Agar Mengaji Lancar

Keyword : Ngajar Ngaji – Cara Mengajar Mengaji – Cara Agar Mengaji Lancar

Mengajarkan mengaji pada anak sejak dini merupakan cara yang paling tepat. Karena pada usia anak-anak, seluruh pembelajaran akan lebih cepat diserap degan baik oleh anak. Mengajarkan anak mengaji juga merupakan hal yang penting agar anak memiliki wawasan yang luas dan mendalam tentang agama islam. Dengan mengaji, sang anak dapat terhindar dari perbuatan tercela dan menuntunnya kejalan yang lurus dan benar. Apalagi perkembangan teknologi di zaman sekarang yang semakin hari semakin tak terkendali. Hal itu bisa mempengaruhi gaya hidup seseorang, termasuk anak-anak. Maka dari itu peran orang tua dalam mendidik anaknya merupakan hal yang penting. Karena baik atau buruknya seorang anak, orang tua akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat nanti. Agar anak merasa senang dan terbiasa dengan kegiatan mengaji, orang tua bisa menerapkan cara ngajar ngaji yang tepat agar disenangi oleh anak. Untuk itu yuk simak ulasan di Delia Hijab berikut ini.  

1. Biasakan anak mendengar bacaan ayat-ayat Al-Qur’an setiap harinya

Agar anak mampu membaca alQur’an dengan baik, maka sebagai orang tua harus mengajarkan kepada mereka sejak usia dini. Mengingat daya tangkap seorang anak yang lebih cepat dalam menyerap seluruh pelajaran yang diberikan, selain itu juga seorang anak memiliki kecenderungan dalam hal meniru apa yang dilakukan oleh orang lain termasuk orang tua. Oleh karena itu peran orang tua dalam mengajarkan anak untuk mencintai alQuran bisa dilakukan dengan cara membiasakan mendengar ayat-ayat suci alqur’an bersama anak seriap harinya. Dengan begitu seoarang anak akan terbiasa dengan kegiatan mengaji, selain itu, dengan kegiatan mendengarkan mengaji lambat laun bisa menjadikan anak hafal terhadap ayat-ayat suci alQuran.

Keyword : Ngajar Ngaji - Cara Mengajar Mengaji - Cara Agar Mengaji Lancar

2. Berikan Pemahaman Tentang  Wajibnya  Belajar Mengaji

Kegiatan mengaji merupakan salah satu bentuk syiar dalam agama islam. Maka dari itu, sebagai orang tua penting untuk memberikan pemahaman kepada anak tentang betapa pentingnya memahami alQuran bagi umat islam. Orang tua bisa menjelaskan kepada anaknya bahwa dengan mengaji bisa menambah illmu pengetahuan tentang aturan-aturan agama, dan akan di muliakan oleh allah SWT. Dengan begitu sang anak akan lebih tergerak hatinya dan mau menjalankannya.

3. Kenalkan Huruf Hijaiyah Dengan Cara Menyenangkan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mengajarkan mengaji yaitu dengan pengenalan huruf hijaiyah pada anak. Agar cara ini disenangi oleh anak , orang tua bisa melakukan metode seru dan menarik dalam memperkenalkannya. Salah satu contohnya seperti memasang huruf hijaiyah di dinding dengan beragam warna, menyanyikan huruf-huruf hijaiyah setiap harinya bersama anak.  Sehingga dengan begitu   kegiatan belajar mengaji menjadi hal yang seru dan menyenangkan bagi sang anak.

4. Mengajarkan Anak Melalui Buku Iqra Terlebih Dahulu

Baca Juga :  Cara Mendidik Anak Agar Sholeh Dan Sholehah

Agar lebih mudah dipahami oleh anak, dalam mengajarkan anak mengaji bisa di mulai dengan bacaan iq’ra terlebih dahulu. Cobalah sebagai orang tua memberikan contoh cara membaca yang baik dan benar. Setelah itu cobalah agar anak untuk menirukan bacaan tersebut. Kegiatan mengajarkan mengaji kepada anak perlu membutuhkan kesabaran dalam mendidiknya. untuk itu orang tua perlu memberikan motivasi-motivasi yang kuat agar anak lebih menyukai kegiatan mengaji.

5. Daftarkan Kursus Mengaji Di Luar Rumah

Selain menggunakan cara diatas, mengajarkan anak mengaji di tempat khusus seperti TPA atau TPQ juga perlu dilakukan. Terutama bagi orang tua memerlukan bantuan didalam mendidik anaknya. Karena ditempat tersebut akan ditangani langsung oleh ustadz yang memiliki ilmu agama yang lebih luas. Selain itu kegiatan belajar mengaji ini bisa membuat anak merasa senang saat belajar, karena bisa belajar bareng dengan teman-teman yang lainnya.

Keyword : Ngajar Ngaji - Cara Mengajar Mengaji - Cara Agar Mengaji Lancar

Keyword : Ngajar Ngaji – Cara Mengajar Mengaji – Cara Agar Mengaji Lancar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?