Optimasi dan Cara Jualan Online Laris di Facebook

5 Cara Jualan Laris di Fb – Cara Jualan Laris di Facebook – Cara Optimasi SEO – Cara Optimasi Mesin Pencari  – Optimasi Marketplace – Cara Optimasi Facebook – Cara Optimasi Fanpage Facebook

Keyword : Cara Jualan Online di Facebook bagi Pemula – Cara Jualan Online di Fb – Cara Jualan Online Tanpa Modal – Cara Jualan Online Laris – Cara Jualan Baju Online – Cara Jualan Online Shop – Cara Jualan di Fb – Cara Jualan di Facebook – Cara Jualan di Marketplace Facebook – Cara Jualan Online Laris di Facebook – Cara Jualan Laris di Fb – Cara Jualan Laris di Facebook – Cara Jualan Online bagi Pemula – Cara Optimasi SEO – Cara Optimasi Mesin Pencari  – Optimasi Marketplace – Cara Optimasi Facebook – Cara Optimasi Fanpage Facebook

Optimasi dan Cara Jualan Online Laris di Facebook

Sudah bukan rahasia lagi, kalau Facebook adalah social media yang paling banyak digunakan di dunia, khususnya Indonesia. Gak Cuma itu, social media yang populer menjadi tempat berbagi cerita sehari-hari ini, banyak yang menjadikannya sebagai tempat social selling. Dengan 2 miliar pengguna aktif sedunia, termasuk 126 juta penduduk Indonesia. Menjadikan Facebook salah satu media marketing paling efektif.

Sebenarnya untuk sukses jualan di Facebook itu sederhana. Kita hanya harus bisa membuat konten (postingan) yang disukai, dibutuhkan dan bisa dilihat sebanyak-banyaknya oleh akun Facebook target pasar kita.

Ada dua cara untuk mengoptimalkan jualan atau marketing kita di facebook,

  1. Cara Gratis atau Organik,
  2. Cara Berbayar.

Cara gratis dilakukan oleh para pebisnis online dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang sudah disediakan Facebook. Sedangkan cara berbayar adalah dengan menggunakan fasilitas Facebook Ads untuk meningkatkan performa bisnis online di Facebook.

Di artikel ini, saya tidak akan membahas cara berbayar, sebab kita perlu memahami ilmu dasarnya terlebih dahulu dengan cara gratisan. Jadi saya akan membahas optimasi dengan cara gratis atau organik untuk jualan menggunakan Facebook personal. Supaya jualan kamu lebih powerful.

BACA JUGA : Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps untuk Bisnis

Cara Optimasi Organik di Facebook

  • Pengaturan Dasar Akun

Yang paling mendasar dari yang lainnya adalah mengatur akun yang digunakan sesuai kebutuhan bisnis. Seperti menambahkan foto profil, nomor telepon, dan info dasar lainnya. Perlu diingat, isikan data dengan jelas dan benar. Dengan begitu calon customer akan menganggap kamu professional dan serius dengan bisnis kamu. Dan jangan lupa untuk atur postingan ke public agar jangkauan postingan lebih luas.

Untuk langkah ini bisa kamu atur lewat menu profil atau seperti pada gambar di bawah ini.

1 Cara Jualan Online di Facebook bagi Pemula – Cara Jualan Online di Fb – Cara Jualan Online Tanpa Modal – Cara Jualan Online Laris – Cara Jualan Baju Online - Add

  • Tambah Teman Tertarget

Cara optimasi berikutnya adalah dengan menambahkan teman tertarget. Maksudnya adalah akun kamu hanya menambahkan akun dengan ketertarikan pada produk yang kamu jual (target pasar). Contohnya kalua kamu berjualan baju gamis atau hijab, teman yang kamu tambahkan haruslah perempuan dan berhijab. Bisa juga dengan pertimbangan geografi, atau dimana orang itu tinggal. Jika kamu ingin menargetkan daerah tertentu sebagai target market pasar.

2 Cara Jualan Online Shop – Cara Jualan di Fb – Cara Jualan di Facebook – Cara Jualan di Marketplace Facebook – Cara Jualan Online Laris di Facebook - Add

Bagaimana caranya?

Untuk menambah teman tertarget, kamu bisa mencarinya di grup atau lapak lain yang sejenis dengan bisnis kamu.

  • Rutin Membuat Konten Menarik

Buat konten menarik yang disukai target pasar kita. Artinya jangan mentang-mentang kamu jualan, semua postingan isinya promosi produk. Kalau seperti itu terus, orang pun pasti akan jenuh melihatnya.

Sekali-kali postinglah konten yang menarik. Misalnya motivasi, sharing, humor dan lainnya yang berkaitan dengan bisnis. Ini fungsinya sebagai penarik interaksi dan keakraban yang bisa membangun kepercayaan. Kalo perlu, bisa menggunakan komposisi 2-3, maksudnya 2 konten 3 promo, atau kita sebut dengang istilah soft-selling.

Dan jangan lupa untuk menambahkan gambar atau video, karena Facebook serta mayoritas penggunanya lebih menyukainya. Sehingga postingan kamu bisa menjangkau lebih luas lagi.

3 Cara Jualan Online di Facebook bagi Pemula – Cara Jualan Online di Fb – Cara Jualan Online Tanpa Modal – Cara Jualan Online Laris – Cara Jualan Baju Online – Cara Jualan Laris di Facebook – C

  • Bergabung dengan Grup

Bergabung dengan grup yang sesuai dengan bisnis kamu. Banyak grup di Facebook tentang bisnis dan jual beli online, atau lebih spesifik lagi dengan market tertentu. Pastikan admin dan peraturan grup mengijzinkan postingan promosi. Agar postingan kamu nantinya tidak dianggap sebagai spam.

Apabila memang diizinkan, pastikan selalu postingan untuk dibagikan (share) ke grup tersebut. Tapi tetap, tidak boleh berlebihan karena tetap akan dianggap spam. Dengan membagikan postingan, kamu sudah memperluas jangkauan jualan kamu.

4 Cara Jualan Online Shop – Cara Jualan di Fb – Cara Jualan di Facebook – Cara Jualan di Marketplace Facebook – Cara Jualan Online Laris di Facebook - Share

  • Aktif Berinteraksi

Untuk apa kita aktif berinteraksi?

Selain untuk membangun keakraban dan kepercayaan, fungsinya adalah untuk memperkenalkan bisnis kita lebih luas lagi. Sehingga orang yang belum berteman dengan kita, akan tertarik menambahkan kita sebagai teman. Atau bisa berujung menjadi konversi kepada pembelian produk kamu.

Hal ini berkaitan dengan algoritma Facebook yang membatasi penampilan postingan. Dengan interaksi antar akun, akan memperbesar kamungkinan postingan kita akan muncul di beranda akun yang kita biasa berinteraksi.

Aktif berinteraksi seperti apa?

Cukup like dan comment dari postingan teman-teman kita.

  • Posting di Jam Ramai

Selain dengan interaksi antar akun, untuk mengakali algoritma Facebook, kita bisa gunakan strategi posting disaat jam ramai di Facebook. Sepengalaman saya, jam ramai Facebook ada 4 kali dalam sehari. Yaitu pagi hari, jam 7.00-9.00, waktu sebelum orang memulai pekerjaan. 11.00-13.00 siang atau jam istirahat, biasanya mereka akan menggunakan sebagian waktunya untuk online mengecek media sosial. 17.00-19.00 malam, disini adalah jam pulang atau selesai bekerja. Dan yang terakhir adalah jam 20.00-22.00 malam sebelum tidur.

BACA JUGA : Cara Jualan Online di Facebook bagi Pemula Update 2020

Keyword : Cara Jualan Online di Facebook bagi Pemula – Cara Jualan Online di Fb – Cara Jualan Online Tanpa Modal – Cara Jualan Online Laris – Cara Jualan Baju Online – Cara Jualan Online Shop – Cara Jualan di Fb – Cara Jualan di Facebook – Cara Jualan di Marketplace Facebook – Cara Jualan Online Laris di Facebook – Cara Jualan Laris di Fb – Cara Jualan Laris di Facebook – Cara Jualan Online bagi Pemula – Cara Optimasi SEO – Cara Optimasi Mesin Pencari  – Optimasi Marketplace – Cara Optimasi Facebook – Cara Optimasi Fanpage Facebook

46 thoughts on “Optimasi dan Cara Jualan Online Laris di Facebook

  1. Pingback: Cara Jualan Online di Facebook bagi Pemula Update 2020 - Delia Hijab

  2. Alex says:

    Keren infonya.. Mulai step by step.. Alhamdulillah setelah kmrn jualan tahap 1 skg ada lanjutannya.. Jadi ga sabar ngu tips selanjutnya setelah ini..

  3. Pingback: Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps untuk Bisnis - Delia Hijab

  4. Pingback: Pesan Makanan Online, Ini Tips Aman dari Corona - Delia Hijab

  5. Pingback: Daftar Makanan Khas Sukabumi, Wajib Coba Semua - Delia Hijab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?