Khasiat Kelapa Bakar untuk Kesehatan Apakah Sudah Terbukti?

Khasiat Kelapa Bakar untuk Kesehatan Apakah Sudah Terbukti?

Khasiat kelapa bakar dipercaya banyak orang mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Namun tahukah kamu, tanpa melalui proses pembakaran sekalipun, buah kelapa segar sudah memberikan manfaat tesebut.

Kelapa dibakar dalam batok sampai airnya menjadi hangat. Beberapa warung yang menyediakan kelapa bakar juga menyajikan menu lain dengan tambahan gula merah, susu, dan juga jahe.

Baca Juga :

Cara Tampil Cantik Alami dan Menarik Tanpa Make up

Cara Membersihkan Make up agar Kulit Wajah bersih dan Sehat

Hangatnya air kelapa bisa sampai ke tubuh, sangat cocok dikonsumsi saat hujan atau di tempat dingin.

Kandungan nutrisi pada buah kelapa

Buah kelapa mengandung begitu banyak nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh. Satu cangkir air kelapa mengandung:

  • Kalori 46
  • Karbohidrat 9 gram
  • Serat 3 gram
  • Protein 2 gram
  • Vitamin C 10% dari asupan kebutuhan harian
  • Magnesium 15% dari asupan kebutuhan harian
  • Mangan 17% dari asupan kebutuhan harian
  • Natrium 11% dari asupan kebutuhan harian

Khasiat Kelapa Bakar dalam air dan buah kelapa dapat mengontrol tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan mengurangi risiko penyakit seperti stroke dan juga penyakit jantung.

Selain itu, sebuah riset membuktikan dari efektivitas air kelapa dalam melarutkan batu ginjal.

Sayangnya, khasiat buah kelapa ini baru teruji secara ilmiah pada kelapa segar saja, bukan kelapa yang sudah dibakar. Sampai hari ini, belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan manfaat kelapa bakar untuk kesehatan.

Adakah manfaat kelapa bakar?

Khasiat Kelapa Bakar

Pada dasarnya, khasiat kelapa bakar yang digadang-gadang para penjual kelapa merupakan khasiat asli buah kelapa yang dapat diperoleh tanpa harus melalui proses pembakaran.

Meski begitu, tidak sedikit pelanggan dan penjual yang mengesampingkan hal itu dan tetap masih menjadikan kelapa bakar sebagai primadona untuk menyehatkan pada tubuh.

Walaupun para pelanggan yang mengaku merasakan khasiat kelapa muda bakar, namun harus diingat, kamu wajib mengontrol diri saat mengonsumsi degan bakar.

Baca Juga : Tips Makeup Tahan Lama Meski Sudah Berjam Jam

Sebab campuran susu kental manis dan juga madu yang kian menyempurnakan cita rasa pada kelapa bakar, justru dapat meningkatkan gula darah yang tidak cocok dikonsumsi penderita diabetes yang ingin merasakan langsung khasiat kelapa bakar.

Manfaat buah kelapa bakar

Khasiat Kelapa Bakar

Buah kelapa mengandung banyak nutrisi dan juga mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat buah kelapa tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mencegah risiko terkena penyakit stroke dan kanker.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Khasiat kelapa bakar yang lain dan dipercaya oleh banyak orang adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang kelelahan dan lemah, cenderung mudah sakit. Tetapi dengan rajin mengonsumsi kelapa bakar, tubuh dipercaya dapat kembali bertenaga.

Hangatnya air kelapa bakar diserap oleh tubuh dan dapat meningkatkan daya tahanya. Anda yang merasa mudah sekali lelah dan merasa tidak enak badan, tidak ada salahnya untuk rutin meminum air kelapa bakar ini.

 Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dan natrium rendah dalam air kelapa juga dapat mencegah risiko terjadinya penyakit kardiovaskular tersebut.

3. Meningkatkan Stamina

Khasiat Kelapa bakar dipercaya bisa meningkatkan stamina pada tubuh jika rajin dikonsumsi. Hal ini tentu  berkaitan dengan kandungan air kelapa didalamnya.

Setelah meminum air kelapa yang di bakar, tubuh yang lelah menjadi terasa kembali menjadi segar. Mengonsumsinya dalam keadaan hangat, membuat keringat keluar dari dalam tubuh. Itulah yang dipercaya membuat tubuh terasa lebih ringan.

4. Bantu Mengatasi Diabetes

Diabetes adalah masalah kesehatan bagi cukup banyak orang Indonesia. Pola hidup yang salah dan juga beberapa faktor lain menjadi penyebabnya.

Apabila sudah terkena diabetes, tubuh pasti memerlukan perlakuan yang berbeda. Selain rutin dengan konsultasi ke dokter dan menjaga pola makan serta pola hidup sehat, rajin mengonsumsi air kelapa bakar juga dipercaya dapat membantu mengatasi diabetes.

4. Mengatasi Batu Ginjal

Khasiat kelapa bakar selanjutnya yang juga dipercaya banyak masyarakat adalah dapat membantu mengatasi batu ginjal.

Seorang penderita batu ginjal akan merasakan nyeri pada pinggang. Dengan secara rutin mengonsumsi air kelapa bakar, batu ginjal yang menjadi keluhan dipercayai bisa luruh atau hancur. Sehingga, secara alami bisa keluar dari tubuh dengan sendirinya. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

5. Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Khasiat kelapa bakar selanjutnya yang banyak dipercaya oleh masyarakat adalah bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti maag, ginjal, dan juga darah manis.

Untuk bantu menyembuhkan penyakit tersebut, air kelapa bakar biasa dicampur dengan beragam rempah rempah. Rempah yang digunakan untukcampuran air kelapa bakar antara lain seperti madu, kayu manis, jahe, sereh dan beberapa yang lainnya. Campuran rempah-rempah tersebut lah yang dapat dipercaya semakin menambah khasiat dari air kelapa bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?