Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita Bikin Kulit Cantik dan Sehat

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita Bikin Kulit Cantik dan Sehat

Manfaat Puasa Senin Kamis adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Terdapat dua jenis puasa, yaitu puasa wajib pada bulan ramadhan dan juga puasa sunnah pada hari-hari tertentu, Salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan yaitu puasa pada hari Senin dan Kamis.

Tidak hanya berpahala, puasa Senin Kamis juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan jiwa khususnya untuk wanita. Puasa sunnah yang satu ini  selalu dilaksanakan oleh Rasulullah SAW. Karena pada hari Senin dan Kamis, amal perbuatan manusia akan diperiksa oleh malaikat.

Baca Juga : Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam yang Harus Diketahui

Puasa Senin Kamis sangat berdampak baik bagi kesehatan, mulai dari mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan, sampai meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh manusia.

Manfaat puasa senin kamis buat wanita

Dan ternyata, manfaat puasa Senin Kamis juga baik bagi kesehatan tubuh wanita. Lalu apa saja manfaat puasa Senin Kamis untuk wanita? Simak ulasannya berikut ini.

1. Diet Alami

Manfaat puasa Senin dan Kamis untuk wanita yang pertama adalah sebagai diet alami. Ketika sedang puasa, tak banyak timbunan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Walaupun demikian, asupan selama puasa juga harus diperhatikan. Agar selain bisa mendapatkan pahala, puasa Senin Kamis yang anda lakukan bisa menjadi solusi diet sehat. Sehingga tubuh akan semakin langsing karena penurunan lemak yang awalnya berlebihan.

2. Meremajakan Sel-sel Kulit

Manfaat puasa Senin Kamis selanjutnya dapat membantu meremajakan sel-sel kulit pada wanita. Ketikaberpuasa, sel-sel dalam tubuh dapat beristirahat karena mereka tak lagi bekerja terus menerus di saat perut terisi dengan berbagai macam asupan nutrisi atau makanan.

Apabila sel-sel kulit istirahat, hal ini akan berdampak pada peremajaan kulit, sehingga kulit akan tampak lebih kencang dan sehat.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat puasa Senin Kamis untuk wanita juga dapat membuat gigi jauh lebih sehat. Karena selam dengan berpuasa, gigi beristirahat dari aktivitasnya. Gigi menjadi lebih bersih karena tak dimasuki berbagai makanan. Namun jangan lupa untuk selalu menggosok gigi selepas buka puasa dan selepas sahur.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa kesepian setelah Menjadi Ibu Rumah Tangga

4. Mengencangkan kulit

Manfaat puasa Senin Kamis untuk wanita yang berikutnya adalah dapat mengencangkan kulit. Sama dengan manfaat peremajaan pada kulit,ketika berpuasa sehari penuh maka metabolisme di dalam tubuh juga ikut beristirahat. Sehingga dapat membuat sel-sel tubuh bekerja lebih maksimal.

5. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat puasa Senin Kamis untuk wanita yang paling penting yaitu dapat  membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun-racun tersebut ikut masuk ke tubuh bersama lemak, darah, atau organ lain yang asalnya dari makanan dan juga minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Cara mengeluarkan racun tubuh ini salah satunya bisa dengan berpuasa. Apabila seseorang berpuasa minimal selama sehari, maka racun bisa dikeluarkan dengan efektif. Sehingga tubuh akan terasa lebih sehat dan juga bugar.

6. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

Dengan berpuasa artinya mengistirahatkan organ pencernaan setelah setiap hari tak pernah berhenti bekerja. Sistem pencernaan sangat sibuk dengan mengolah makanan dan membutuhkan energi dalam jumlah yang cukup besar.

Sehingga butuh istirahat dari rutinitasnya yang padat tersebut, salah satunya dengan berpuasa. Apabila kamu rajin berpuasa Senin Kamis, pencernaan secara rutin akan beristirahat dari segala tekanan mencerna makanan.

Apabila sistem pencernaan anda sehat, maka akan terhindar dari penyakit pencernaan, misalnya seperti masalah lambung, sembelit, dan masih banyak lagi.

7. Menghilangkan Stres

Tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan, manfaat puasa Senin Kamis untuk wanita juga dapat membantu mengelola stres. Jika mentalmu terjaga kesehatannya, maka secara tidak langsung akan membantumu meraih kesuksesan dengan mudah.

Manfaat puasa Senin Kamis lainnya juga dapat meningkatkan kedamaian hati. Puasa dan memungkinkan seseorang merasa bersih jiwa dan raganya.

Manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita

Dengan puasa dua kali seminggu, bisa jadi solusi istirahat bagi tubuh kita yang setiap harinya bekerja cukup keras mengolah semua makanan dan minuman. Dengan begitu, metabolisme pada tubuh akan melakukan reset ulang dan membuat proses pembakaran lemak dan juga energi di tubuh menjadi lebih efektif.

1. Menurunkan tekanan darah

Ketika  berpuasa, tekanan darah Anda akan menurun dibandingkan dengan dari biasanya. Tekanan darah akan kembali naik ketika  Anda selesai berpuasa. Namun, Anda dapat mempertahankan tekanan darah tetap stabil selama tidak mengonsumsi makanan yang dapat memicu darah tinggi.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk wanita juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di tubuh apabila dilakukan secara teratur. Namun masih dibutuhkan juga lebih banyak penelitian agar benar-benar memastikan manfaat yang satu ini.

3. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat puasa Senin Kamis selanjutnya adalah bisa meningkatkan fungsi otak. Hal  ini didukung secara ilmiah dari suatu penelitian yang dilakukan memakai hewan uji, berpuasa beberapa kali dalam seminggu terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan juga kemampuan belajar.

4. Mencegah kanker

Ketika rutin berpuasa dinilai dapat mengendalikan kadar insulin dan juga meredakan peradangan atau inflamasi pada tubuh. Keduanya merupakan faktor biologis yang  dikaitkan dengan terbentuknya sel kanker.

Baca Juga : Arti Kiasan Bendera Merah Putih yang Wajib Diketahui

5. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat puasa senin kamis untuk wanita yang terakhir yaitu dinilai bisa menurunkan risiko terkena diabetes. Karena, berpuasa bisa mengendalikan insulin dan juga membantu penurunan berat badan, dua hal yang berhubungan erat dengan diabetes.

Itulah beberapa Manfaat puasa senin kamis untuk wanita agar lebih bersemangat dalam berpuasa, selain bisa mendapatkan pahala, tapi juga bisa mempunyai segudang manfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?