Minum Kopi Saat Menstruasi, Bolehkah?

Delia Hijab – Sahabat Delia - Minum Kopi Saat Menstruasi, Bolehkah

Delia Hijab – Sahabat Delia – Minum Kopi Saat Menstruasi, Bolehkah?

Kram yang menyakitkan dan mengganggu seringkali dirasakan perempuan ketika menstruasi tiba. Kondisi itu disebabkan kontraksi otot dinding rahim. Rasa nyeri tersebut bisa diringankan dengan beberapa cara, seperti kompres air hangat, konsumsi dark choco dan sebagainya.

Tidak hanya nyeri pada bagian perut, biasanya akan ada gejala susulan seperti rasa sakit di kepala. Hal ini biasanya dikarenakan faktor hormonal. Kemudian kamu berpikir bahwa meminum secangkir kopi bisa meringankan rasa sakit di kepala seperti biasanya. Namun pandangan tersebut tidaklah benar.

Masalah sakit kepala memang bisa diatasi dengan bantuan meminum kopi. Namun saat jadwal bulananmu tiba, kandungan kafein hanya akan membuat rasa nyeri bertambah parah.

Delia Hijab - Year End Sale B

Hindari kopi saat menstruasi

Pakar kesehatan menyarankan untuk tidak minum kopi saat menstruasi. Sebab, kafein yang dikandung kopi dapat mengundang dan memperparah kram. Juga sifat diuretiknya, kopi dapat meningkatkan produksi urin dan membuatmu dehidrasi.

Secangkir kopi yang kita minum bisa menghalangi saraf yang mengatur rasa cemas. Ketika saraf terhalang dan tingkat kecemasan menjadi tinggi, secara alami tubuh akan lebih rentan terpicu kram.

Delia Hijab - Baju Gamis Modern - Hijab Sukabumi - Model Gamis Terbaru - Model Gamis 2020 - 1

Mengganggu hormon

Minum kopi bisa menstimulasi hormone berlebih dan menyebabkan disfungsi, lebih lagi pada siklus mentstruasi. Meski dapat membantu mengatasi kelelahan, akan tetapi kopi juga mengaktifkan hormon stres dan meningkatkan kadar kortisol.

Kopi juga menekan fungsi tiroid yang menyebabkan penurunan sistem hormon tiroid. Kafein yang terkandung dalam segelas kopi juga bisa membatasi pembuluh darah yang bisa memperparah gejala menstruasi.

Delia Hijab – Sahabat Delia - Minum Kopi Saat Menstruasi, Bolehkah

Jumlah aman minum kopi

1-2 cangkir kopi atau sekitar 200 ml sehari dinilai masih aman menurut sejumlah studi. Namun apabila lebih dari itu, kopi bisa memberi dampak negative pada tubuh seseorang, lebih lagi saat menstruasi. Kafein juga bekerja memperlancar pencernaan dan memicu kontraksi otot usus kecil dan besar. Kondisi ini bisa memicu kram perut, dan memperburuk kram saat menstruasi.

Apabila kamu tidak bisa menahan diri dan kesulitan menghindari kafein saat siklus menstruasi, ada alternatif yang bisa kamu coba. Minum segelas air dingin dan apel di pagi hari. Konsumsi cemilan sehat dan vitamin B. Kamu juga bisa coba smoothies untuk penyeimbang hormon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verification: 91309922493f5ad4
WhatsApp WhatsApp Kami