Panduan Mencuci Koleksi Baju Muslim Menggunakan Tangan

Delia Hijab - Panduan Mencuci Koleksi Baju Muslim Menggunakan Tangan

Delia Hijab – Panduan Mencuci Koleksi Baju Muslim Menggunakan Tangan. Ada berbagai cara, pilihan dan aturan untuk mencuci koleksi baju muslim kamu. Hal ini tentu dipertimbangkan dari bahan pakaian atau beberapa alasan lain yang mampu mempengaruhi kondisi koleksi baju milikmu. Meski kehadiran mesin cuci saat ini memang untuk mempermudah kegiatan ini, tetapi ada saatnya kita ditemukan dengan pilihan mencuci manual. Nah berikut panduan praktis untuk Sahabat Delia mencuci koleksi baju muslim dengan tangan (handwash)

Kapan Sahabat Delia Harus Mencuci Koleksi Baju Muslim menggunakan Tangan?

Mencuci dengan mesin cuci memang mudah dan mampu menghemat waktu, terutama untuk kamu yang banyak kegiatan. Namun bukan berarti kamu bisa melupakan proses perawatan, lebih lagi pada baju yang memerlukan perlakuan khusus. Pastinya gak mau kan baju kesayanganmu rusak karena kesalahan mencuci. Ini dia beberapa kondisi dimana Sahabat Delia perlu dan harus mencuci menggunakan tangan :

  • Koleksi Baju Muslim dengan bahan yang halus seperti satin, sutra, renda serta laces.
  • Bahan dari wol atau lainnya yang mudah untuk mengerut.
  • Mengatasi noda yang membandel.
  • Mengatasi pakaian luntur.

Sebelum mencuci koleksi baju muslim milikmu, pastikan cek label perawatan lebih dahulu. Untuk mengetahui metode dan saran pencucian yang sesuai. Apabila tidak ditemukan label perawatan, ibu bisa mengikuti panduan Delia Hijab. Perawatan yang tepat tentu akan membuat koleksi kesayanganmu dan keluarga lebih awet.

Delia Hijab - Panduan Mencuci Koleksi Baju Muslim Menggunakan Tangan

Tips Mencuci Menggunakan Tangan

Baju Muslim dengan bahan dari beludru, kulit atau suede lebih rentan rusak apabila dicuci menggunakan mesin cuci. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk mencuci pakaian dengan jenis ini di tempat laundry dengan metode dry clean.

Untuk bahan tertentu lainnya seperti wol atau sutra bisa kamu cuci sendiri dengan tangan di rumah. Untuk bahan yang halus seperti ini memang memerlukan ketelitian lebih saat mencucinya dengan tangan. Pastikan Sahabat Delia sudah memerhatikan hal berikut ya saat mencuci koleksi baju muslim dengan tangan :

  • Basahi kemudian atasi noda lebih awal sebelum melakukan pencucian. Karena noda yang mengering setelah pencucian akan sulit untuk dihilangkan.
  • Cuci koleksi dengan warna senada bersamaan dan pisahkan selalu pakaian warna putih dari pakaian berwarna. Tujuannya tidak lain untuk menghindari luntur warna.
  • Pisahkan pakaian dengan variasi seperti renda atau laces, supaya tidak tersangkut atau terbelit dengan pakaian lainnya.
  • Gunakan air dingin saat mencuci. Karena air panas atau hangat memungkinkan bahan lembut menjadi mengerut, terutama pada bahan wol dan sutra.
  • Pilih dan gunakan deterjen untuk perawatan tepat. Terdapat beberapa deterjen khusus, seperti khusus bahan halus atau khusus mengatasi luntur.
  •  

Delia Hijab - Panduan Mencuci Koleksi Baju Muslim Menggunakan Tangan

Tata Cara Mencuci Menggunakan Tangan

Beberapa kondisi seperti yang disebutkan sebelumnya mengharuskan kita untuk mencuci koleksi baju muslim menggunakan tangan. Tentunya pasti lebih aman sekaligus merawat supaya kondisinya tetap baik dan awet. Untuk menjaga kondisi tanganmu, kami sarankan untuk memakai sarung tangan karet; lebih lagi untuk kamu dengan kulit sensitif. Yuk ikuti langkah berikut :

  • Isi air dingin kedalam satu ember. Air hangat atau panas mampu merusak pakaian. Penggunaan air panas biasanya hanya dilakukan untuk membunuh dan menghilangkan mikro-organisme (kuman) yang mungkin menempel pada pakaian.
  • Tambahkan deterjen. Perhatikan kembali kesesuaian deterjen yang akan digunakan untuk mencuci.
  • Masukkan baju cucian dan rendam selama tidak lebih dari 30 menit. Selain untuk memaksimalkan kerja deterjen untuk membersihkan noda, terlalu lama merendam dapat membuat cucianmu bau.
  • Kucek secara lembut. Hindari melakukannya dengan kasar dan tergesa, karena mampu membuat pakaian rusak juga membuat lecet pada tangan.
  • Buang air rendaman deterjen, kemudian bilas pakaian dengan air dingin bersih. Lakukan berulang hingga busa pada cucian hilang.
  • Peras dengan lembut agar serat-serat bahan tidak melenggang dan melar.
  • Keringkan baik dengan atau tanpa terpapar sinar matahari langsung sesuai jenis bahan.

One thought on “Panduan Mencuci Koleksi Baju Muslim Menggunakan Tangan

  1. Pingback: Panduan Mencuci Baju Muslim di Musim Hujan - Delia Hijab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verification: 91309922493f5ad4
WhatsApp WhatsApp Kami