Tips Mencuci dan Merawat Baju Motif Batik

Delia Hijab - Tips Mencuci dan Merawat Baju Motif Batik

Delia Hijab – Tips Mencuci dan Merawat Baju Motif Batik. Kain bermotif khas nusantara ini merupakan kekayaan budaya yang sangat indah. Dengan keunikan motif dan nilai yang terkandung, setiap orang pasti memiliki setidaknya satu baju batik dari sekian banyak baju. Dengan mengenakannya saja, kita sudah turut dalam melestarikan budaya khas Indonesia.

Tidak hanya motif tradisional, kini hadir motif kontemporer. Motif yang lahir sebagai akulturasi budaya modern dan tradisional. Tentu untuk menjaga motifnya agar tetap terlihat menawan perlu perhatian lebih dan perlakuan khusus. Berikut Tips Mencuci dan Merawat Baju Motif Batik oleh Delia Hijab.Delia Hijab - Tips Mencuci dan Merawat Baju Motif Batik

Tips Merawat Baju Motif Batik

Proses membatik yang detail dan penuh ketelitian menjadikan kain ini sangat sensitif. Sehingga menjadi sangat penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk merawatnya.

Pada pencucian untuk pertama kalinya disarankan untuk dilakukan dengan tangan menggunakan air dingin. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan memastikan tidak ada sisa pewarna yang dapat luntur atau kain rusak. Setelah dicuci untuk pertama kalinya, baju motif batik milikmu bisa dicuci dengan mesin.

Bersamaan dengan cucian berwarna serupa, atur mesin cuci pada putaran lembut serta suhu tidak lebih dari 300C. Pastikan noda pada baju sudah diatasi lebih awal. Penggunaan pemutih dan kimia kuat lainnya sangat tidak disarankan digunakan kepada batik. Selalu baca label perawatan sebelum melakukan tindakan lainnya untuk tindakan yang tepat.

Cara Mengeringkan Kain Batik

Disarankan untuk mengeringkan baju motif batik di tempat terbuka, karena mengeringkannya di dalam mesin pengering bisa merusak bahan dan warna. Selain itu hindari juga memeras baju batik berlebihan juga paparan sinar matahari langsung untuk mencegah pemudaran warna.

Untuk menjaga kualitas bahan, saat hendak menyetrika bisa menyemprotkan pelicin dan melapisi dengan kain lain. Dengan tindakan perawatan yang benar, indahnya batik kesayangan akan terus terlihat seperti baru.

One thought on “Tips Mencuci dan Merawat Baju Motif Batik

  1. Pingback: Delia Hijab - Tips Merawat Baju Gamis Putih Polos - Delia Hijab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verification: 91309922493f5ad4
WhatsApp WhatsApp Kami