Cara Mencegah Mata Minus pada Anak yang Sering Main Gadget

Keyword : Cara Alami Mengatasi Mata Minus pada Anak – Cara Mencegah Mata Minus pada Anak yang Sering Main Gadget – Cara Mencegah Mata Minus Bertambah – Cara Mengatasi Mata Minus secara Alami – Ciri Ciri Mata Minus pada Anak – Penyebab Mata Minus pada Anak

Keyword : Cara Mencegah Mata Minus pada Anak yang Sering Main Gadget – Cara Alami Mengatasi Mata Minus pada Anak – Cara Mencegah Mata Minus Bertambah – Cara Mengatasi Mata Minus secara Alami – Ciri Ciri Mata Minus pada Anak – Penyebab Mata Minus pada Anak

Selama pandemic corona, anak-anak dituntut untuk tinggal dan belajar di rumah. Praktis, namun anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya di depan layer gadget atau berkutat dengan buku seharian. Padahal kedua hal itu rentan mengganggu kesehatan mata anak.

Dokter spesialis mata anak dari AS, dr. Ayesha Malik, menjelaskan tentang hal ini. Bahwa terlalu banyak menghabiskan waktu dalam ruangan bisa memicu mata minus atau rabun jauh pada anak.

Miopia atau mata minus adalah gangguan penglihatan yang membuat seseorang tidak jelas saat melihat objek yang letaknya jauh. Menurut Malik, saat berada di dalam ruangan, sebagian anak-anak cenderung menghabiskan waktu untuk memandang layar HP. Sedangkan paparan sinar matahari alami penting untuk kesehatan mata, jelas Malik.

Menurut ahli, anak-anak yang masa kanak-kanaknya cukup paparan sinar matahari dan sering beraktivitas di luar rumah. Risiko mengalami mata minus cenderung jadi lebih rendah. Tak hanya mata minus yang punya dampak permanen, efek terlalu banyak terpapar layar gawai pada mata anak-anak sebenarnya tidak jauh berbeda dari orang dewasa. Anak-anak juga bisa mengalami sakit mata sementara seperti mata kering, mata tegang, sakit kepala, dan pandangan buram.

Salah satu cara praktis untuk mencegah mata minus pada anak-anak adalah dengan membiarkan mereka bermain atau beraktivitas di luar ruangan. Namun, kondisi pandemi corona membuat anak-anak tidak bisa leluasa beraktivitas di luar rumah karena rentan tertular virus.

BACA JUGA : Style OOTD Hijab Simple ke Kampus – Aleta Tunic

Keyword : Cara Mencegah Mata Minus pada Anak yang Sering Main Gadget – Cara Alami Mengatasi Mata Minus pada Anak – Cara Mencegah Mata Minus Bertambah – Cara Mengatasi Mata Minus secara Alami – Ciri Ciri Mata Minus pada Anak – Penyebab Mata Minus pada Anak

Cara Mencegah Mata Minus pada Anak yang Sering Main Gadget

Ahli dari American Academy of Ophthalmology, David Epley, MD. membagikan cara mencegah mata minus saat anak belajar dari rumah. Dilansir dari Kompas, yuk simak selengkapnya di Delia Hijab.

  1. Istirahatkan mata anak setiap 20 menit beraktivitas dengan gadget, maupun mengerjakan tugas sekolah. Bila perlu, atur timer khusus sebagai pengingat.
  2. Agar mata anak tak gampang lelah, variasikan belajar tak hanya menatap layer gadget atau komputer, tapi juga melihat buku. Setelah menyelesaikan satu tugas, arahkan anak melihat ke luar jendela rumah selama 20 detik.
  3. Hindari menggunakan gadget atau komputer di ruangan yang sangat terang. Kondisi ruangan yang terlalu silau cahaya juga dapat membuat mata jadi gampang tegang.
  4. Selalu atur tingkat kecerahan dan kontras pada layar HP, komputer, atau televisi di rumah. Sesuaikan dengan kenyamanan anak.
  5. Saat belajar dengan gawai maupun mengerjakan tugas, arahkan anak agar duduk dalam posisi yang nyaman. Jangan biarkan anak memegang gdget atau buku sambil berbaring atau tengkurap.
  6. Ketika menatap layar HP, tablet, atau komputer dari jarak dekat, usahakan jaraknya antara 40 centimeter sampai 60 centimeter.
  7. Ingatkan anak untuk berkedip secara berkala saat menatap layar HP, televisi, komputer, atau membaca buku. Jika sudah merasa lelah, arahkan untuk istirahat sejenak.

Kebiasaan sederhana di atas apabila dikerjakan dengan konsisten dapat melindungi anak dari mata minus dan gangguan mata lainnya.

Keyword : Cara Alami Mengatasi Mata Minus pada Anak – Cara Mencegah Mata Minus Bertambah – Cara Mengatasi Mata Minus secara Alami – Ciri Ciri Mata Minus pada Anak – Penyebab Mata Minus pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?