Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil Beserta Efek Sampingnya

Manfaat daun kelor untuk Ibu Hamil

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Berkat kandungan senyawa di dalamnya, tanaman yang satu ini sering biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam budaya Timur.

Tanaman kelor merupakan tanaman yang banyak tumbuh di wilayah iklim tropis, termasuk di Indonesia. Dalam pengobatan tradisional, tanaman yang dijuluki dengan  “pohon ajaib” ini biasanya diambil daunnya untuk diolah menjadi berbagai minuman herbal, seperti jamu dan teh.

Selain untuk minuman herbal, daun kelor juga sering dijadikan sebagai suplemen, baik dalam bentuk bubuk ataupun kapsul, untuk mengatasi kondisi tertentu.

Baca Juga : Olahraga Ringan di Pagi Hari untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Kandungan daun kelor

Manfaat daun kelor sendiri datang dari beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nutrisi yang dimaksud diantaranya:

  • Protein
  • Vitamin, meliputi vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin C
  • Mineral, meliputi zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium

Selain kandungan nutrisi di atas, daun kelor juga mengandung asam amino esensial dan juga antioksidan.

Manfaat rebusan daun kelor

Selain membantu meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui, daun kelor masih punya banyak manfaat lainnya, antara lain:

Membantu Menangkal Radikal Bebas

Inilah fungsi utama dari antioksidan yang terkandung dalam daun kelor, yaitu membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

 Anda perlu tahu bahwa tingginya kadar radikal bebas pada tubuh bisa mengakibatkan tubuh mengalami stres, misalnya seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Peradangan adalah respon alami yang dilakukan tubuh terhadap cedera atau infeksi yang menyerang. Daun kelor ini dipercaya dapat membantu meringankan inflamasi yang terjadi pada tubuh. Ekstrak daun ini juga diyakini memiliki kandungan zat yang bisa membantu mengurangi inflamasi pada tubuh.

Mengontrol Tekanan Darah

Selain itu Manfaat daun kelor, daun kelor juga memiliki kandungan kalium. Kandungan ini dipercaya sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan juga menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga risiko hipertensi pun dapat dicegah.

 

Membantu Menghambat Tumbuhnya Sel Kanker

Kulit, batang dan daun kelor bisa dikatakan efektif membantu menghambat tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh, termasuk kanker usus besar dan payudara.

Baca Juga : Tahap Perkembangan Keluarga yang Harus Anda Pahami

Sekali lagi, manfaat ini didapat karena kandungan antioksidan didalamnya yang memang sangat efektif dalam mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh sebagai dampak dari radikal bebas.

Melancarkan produksi ASI

Daun kelor menjadi salah satu sayuran yang baik untuk ibu menyusui. Ekstrak daun ini mengandung senyawa yang dapat melancarkan produksi ASI. Untuk itu, jika produksi ASI terhambat, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan tanaman herbal yang satu ini.

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat daun kelor juga bisa mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh dan juga tekanan darah. Kedua manfaat tersebut tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung.

Manfaat ini berasal dari kandungan antiradang dan antioksidan yang ada di dalamnya yang mampu mengurangi bahaya oksidasi, yaitu salah satu pemicu gangguan pada jantung.

Efek samping daun kelor

Pelajari Selengkapnya

Daun kelor memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun apabila dikonsumsi secara jangka panjang dan dalam jumlah berlebihan, daun kelor juga berpotensi menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Berikut adalah

beberapa efek samping daun kelor dan bagian tanaman kelor lainnya yang perlu diwaspadai!

1. Memperlambat Detak Jantung

Kondisi detak jantung lambat biasa disebut dengan bradikardia, yaitu  jantung berdenyut kurang dari 60 denyut per menit.

Selain itu, kandungan alkaloid dalam daun kelor juga bisa memperlambat detak jantung apabila dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

Belum diketahui berapa banyak alkaloid dalam daun kelor yang bisa menyebabkan kondisi ini. Namun untuk antisipasi, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi daun kelor dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pikiran Negatif Dalam Islam

2. Diare

Selain Manfaat daun kelor ada Bahaya dari daun kelor yang dapat menyebabkan diare. Daun kelor memiliki efek  pencahar, sehingga dapat berpotensi menyebabkan diare.

Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya hindari konsumsi daun kelor untuk sementara waktu.

Daun kelor lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika Anda mengalami kesulitan buang air besar dan biasa disebut dengan sembelit.

Selain itu, daun kelor juga sebaiknya jangan dikonsumsi apabila Anda sedang mengalami kondisi medis atau sedang menjalani pengobatan tertentu, karena berisiko menimbulkan efek interaksi dengan obat.

Itulah beberapa Manfaat daun kelor beserta efek sampingnya dan semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?