Olahraga Ringan di Pagi Hari untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Olahraga Ringan di Pagi Hari untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Olahraga Ringan di Pagi Hari secara teratur merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap baik. Sebenarnya olahraga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Tetapi melakukan olahraga di pagi hari bisa membuat kamu lebih bersemangat untuk beraktivitas. Selain itu, dengan berolahraga pada pagi hari akan membantu melancarkan peredaran darah setelah semalam tubuh kamu beristirahat.

Baca Juga : Tahap Perkembangan Keluarga yang Harus Anda Pahami

Ada banyak jenis olahraga yang bisa di lakukan pada pagi hari, tetapi sebaiknya lakukan olahraga yang ringan saja. Selain untuk membuat tubuh menjadi bugar dan sehat, udara di pagi yang masih bersih dan segar juga akan membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih segar dan tenang.

Contoh olahraga ringan di pagi hari

Berikut adalah beberapa olahraga ringan yang cocok dilakukan pada pagi hari, untuk menunjang kesehatan kamu.

1. Bersepeda

Banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan olahraga bersepeda pada pagi hari, ga perlu terlalu jauh saat olahraga ringan bersepeda pada pagi hari.

Kamu cukup berkeliling komplek di rumah selama kurang lebih 30 menit. Hal ini akan membuat kesehatan menjadi lebih baik. Dengan bersepeda di pagi hari dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

Bukan hanya itu, dengan bersepeda di pagi hari juga akan meningkatkan stamina sehingga dapat membuat kamu lebih bersemangat saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Bersepeda setiap hari juga akan membuat tubuh meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

2. Lari Pagi

Bagi kamu yang suka Olahraga Ringan di Pagi Hari dan memiliki kesibukan cukup padat, olahraga lari di pagi hari sangat cocok untuk dilakukan.

Lakukanlah olahraga ini selama 15 sampai 30 menit setiap harinya. Banyak manfaat yang bis di rasakan dengan rutin melakukan lari pagi.

Olahraga ini juga menjadi salah satu olahraga ringan yang bisa membantu membakar kalori pada tubuh. Bukan hanya itu, lari pagi juga dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur kamu.

Baca Juga : Cara Mengatasi Pikiran Negatif Dalam Islam

Kualitas tidur yang buruk tentu saja akan memengaruhi kualitas hidup kamu. Jadi, ga ada salahnya untuk mulai rutin melakukan lari pagi untuk meningkatkan kualitas hidup.

3. Skipping atau Lompat Tali

Olahraga lompat tali sangat mudah untuk dilakukan. Karena, kamu tidak memerlukan waktu banyak untuk melakukan olahraga lompat tali.

Jika kamu tidak memiliki waktu banyak untuk berolahraga maka skipping menjadi olahraga yang tepat untuk dilakukan di pagi hari. Banyak manfaat yang bisa di rasakan dengan olahraga skipping pada pagi hari.

Misalnya seperti memperkuat otot tubuh, meningkatkan stamina tubuh, dan juga membuat otak bekerja lebih cepat.

4. Senam Yoga

Olahraga ringan dengan senam di pada pagi hari dapat membuat tubuh kamu yang kaku akibat tidu bisa menjadi lebih rileks.

Dengan senam yoga di pagi hari, akan terhindar dari rasa pegal atau juga sakit pinggang. Bukan hanya itu, senam yoga juga dapat membuat pikiran kamu menjadi lebih rileks dan lebih tenang. Sehingga konsentrasi dan daya ingat akan lebih meningkat. Dan juga akan lebih siap untuk beraktivitas seharian.

Olahraga ringan sebelum tidur

Olahraga Ringan di Pagi Hari

Selain dengan Olahraga Ringan di Pagi Hari sebaiknya ketahui juga jenis olahraga apa saja yang bisa dilakukan sebelum tidur. Dengan begitu kamu bisa lebih merasakan manfaatnya dengan baik. Berikut adalah olahraga yang bisa dilakukan sebelum tidur:

1 . Jalan Santai

Ga salahnya lakukan jalan santai setelah pulang kerja. Selain membuat otot atau tubuh menjadi lebih kuat, dengan jalan santai juga bisa membantu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Olahraga inSi juga bisa membantu untuk meredakan stres sehingga istirahat malam menjadi lebih rileks dan nyaman.

Baca Juga : Hikmah Zakat Infaq dan Sedekah Pada Hari Jumat

Untuk merasakan manfaat ini, kamu bisa jalan santai selama kurang lebih 30 menit dengan intensitas ringan sampai sedang. Lakukan kegiatan ini sebanyak tiga kali dalam seminggu secara rutin.

2. Stretching atau peregangan

Ketika mengalami tingkat stres yang cukup tinggi, hal ini membuat otot pada tubuh menjadi tegang. Sebaiknya Olahraga Ringan di Pagi Hari  lakukan stretching agar tubuh menjadi lebih rileks agar tidak mengganggu berbagai kegiatan, seperti tidur.

Selain membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman, stretching juga bisa membuat pikiran menjadi tenang. Saat olahraga stretching, gunakan teknik pernapasan yang baik agar pikiran menjadi rileks.

3. Push up

Olahraga sebelum tidur berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu push up. Dengan push up dapat melemaskan otot-otot yang tegang, dan juga membuat kamu merasa letih dan keinginan untuk tidur menjadi bertambah.

Lakukan push up selama lima hingga enam menit untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Itulah jenis Olahraga Ringan di Pagi Hari dan olahraga sebelum tidur yang bisa kamu lakukan. Setelah berolahraga kamu bisa mandi dengan air hangat agar tubuh menjadi lebih rileks dan tenang sehingga kamu memiliki tidur yang berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?