Keutamaan Bulan Muharram, Sejarah, Beserta Amalanya

Keutamaan Bulan Muharram, Sejarah, Beserta Amalanya

Keutamaan Bulan Muharram adalah salah satu bulan yang ada dalam sistem kalender umat Islam yang didasarkan pada peredaran bulan. Bulan Muharram dikenal sebagai bulan pertama dalam penanggalan kalender Hijriyah dan umat  muslim selalu merayakan tahun baru Hijriyah pada setiap tanggal 1 Muharram.

Setiap bulan memiliki keutamaan termasuk juga dengan bulan Muharram. Lalu apa sajakah yang membuat Bulan Muharram ini menjadi bulannya istimewa simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Bulan Muharram

Bulan Muharram berasal dari kata haram yang artinya suci atau terlarang. Dinamakan Muharram, karena saat zaman dulu, pada bulan ini dilarang untuk berperang dan membunuh. Larangan itu terus berlaku sampai masa Islam. Bahkan bulan Muharram termasuk salah satu bulan haram.

Baca Juga : Manfaat Tidur Siang untuk Kecantikan yang Belum Kamu Ketahui

Orang-orang Arabsebelum masa Rasulullah maupun pada masa beliau tidak mempunyai angka tahun. Mereka biasa menamakan tahun dengan peristiwa besar yang terjadi pada tahun tersebut.

Pada tahun ketiga pada masa pemerintahan Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu, datang satu masalah yang dialami oleh pejabat tinggi pemerintah.

Tidak adanya angka tahun membuat sebagian pejabat pemerintah cukup kesulitan.

Atas usulan Abu Musa, Umar kemudian menerbitkan kalender Islam. Setelah bermusyawarah dengan para sahabat, Umar memutuskan bahwa awal kalender Islam dimulai dari tahun hijrahnya Rasulullah ke madinah. Untuk itu kalender Islam dikenal dengan nama kalender hijriyah.

Keistimewaan Bulan Muharram

Keutamaan Bulan Muharram

Bulan Muharram mempunyai beberapa keistimewaan dan hal tersebutlah yang membuat bulan ini disebut sebagai bulan Allah atau syahrullah. Beberapa keistimewaan bulan muharram antara lain:

Baca Juga : Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Hamil Beserta Efek Sampingnya

1. Diampuni dosanya

Keutamaan Bulan Muharram yang pertama Rasullah tidak pernah melewatkan ibadah sunnah yang secara khusus dilaksanakan di bulan ini seperti puasa Sunnah Asy syura atau puasa pada sepuluh hari awal di bulan muharram.

Siapa yang melaksanakan ibadah termasuk puasa Sunnah di bulan muharram maka dosanya akan diampuni baik dosa di masa kini ataupun dosa di tahun lalu.

2. Dilipatgandakannya pahala ibadah dan juga dosa dari perbuatan maksiat

Barangsiapa umat muslim melaksanakan ibadah dan kebaikan pada bulan ini maka Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya. Demikian juga apabila umat muslim melakukan perbuatan maksiat maka dosa yang ia dapatkan juga akan berlipat ganda pula.

3. Bulan penuh kemuliaan

Bulan Muharram banyak peristiwa penting khusunya pada masa Rasulullah SAW. Disebutkan bahwa Allah SWT menyelamatkan nabi Musa As bersama umatnya yaitu bani israil pada bulan muharram dari kejaran tentara Fir’aun serta menyelamatkan mereka dengan menenggelamkan pasukan tentara firaun di laut Merah.

Amalan Bulan Muharram

Keutamaan Bulan Muharram

Banyak Keutamaan Bulan Muharram yang membuat bulan ini menjadi istimewa dan ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan ini. Amalan-amalan yang dapat dilakukan pada bulan ini diantaranya.

1. Berpuasa Asy syura

Berdasarkan anjuran Rasulullah SAW maka di bulan ini umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa sunnah yaitu di sepuluh hari awal bulan muharram, terutama di tanggal 10 Muharram.

Puasa asy syura adalah salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan untuk seluruh umat muslim diluar puasa ramadhan.

2. Memperbanyak amalan shalih

Sebagaimana perbuatan dosa di bulan ini akan dibalas dengan dosa yang besar maka begitu juga dengan perbuatan baik. Bagi yang beramal shalih pada bulan ini akan menuai pahala yang besar sebagai kasih sayang dan kemurahan dari Allah kepada para hambanya.

Baca Juga : Olahraga Ringan di Pagi Hari untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Ini adalah salah satu Keutamaan Bulan Muharram yang besar, Sesungguhnya Allah adalah pemberi nikmat, sang pemberi keutamaan sesuai kehendaknya dan kepada siapa saja yang dikehendakinya. Tidak ada yang dapat menentang hukumnya dan juga tidak ada yang dapat menolak keutamaanNya.

3. Taubat

Taubat adalah kembali kepada sang pencipta Allah SWT dari perkara yang dilarang secara lahir dan batin menuju kepada perkara yang diridhoi. Menyesali atas dosa yang telah lalu, serta meninggalkan dan bertekad untuk tidak mengulanginya kembali. Taubat adalah tugas seumur hidup yang harus dilakukan.

4. Bersedekah

Memang tidak ada dalil yang jelas yang menganjurkan untuk banyak bersedekah di bulan ini namun tetap saja karena bulan ini menjadi bulan baik, tidak ada salahnya jika melakukan sedekah dan mengharap ridha Allah SWT walaupun sebenarnya sedekah bisa dilakukan kapan saja.

5. Menyantuni Anak yatim

Rasulullah SAW dikenal sebagai pribadi yang sangat mencintain anak yatim dan beliau juga senantiasa menyantuni dan mengasihi anak yatim khusunya di bulan muharram, Anak Yatim sebagai bentuk perhatian dan menyayangi mereka di bulan muharram.

6. Baca doa awal tahun

Dalam tahun Islam, Keutamaan Bulan Muharram perhitungan tanggal berpedoman dari peredaran Bulan bukan Matahari, maka doa awal tahun ini dianjurkan dibaca setelah melaksanakan sholat Maghrib (saat itulah tanggal 1 Muharram telah tiba). Dimulai dengan membaca surat Yasin lalu kemudian dilanjutkan dengan doa di bawah ini sebanyak 3 kali.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَام

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Butuh bantuan?
Assalamu'alaikum, ada yang bisa dibantu kak?